Rabu, 03 Maret 2010

PHP Obfuscator: Bugs POBS 0.99

Terdapat banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk mendeploy program PHP salah satu yang opensource dan terkenal paling ramah adalah POBS - PHP Obfuscator yang dikembangkan oleh Frank Karsten (http://www.walhalla.nl). Untuk sumber aplikasi terbarunya, versi 0.99 yang dirilis Agustus 2003 lalu, dapat didownload pada alamat http://pobs.mywalhalla.net.

Setelah mendownload aplikasi ini dan mencobanya pada program web PHP yang dikembangkan ternyata terdapat beberapa kendala yang ditemui diantaranya :
1. fitur case-sensitive antara PHP dan Javascript belum diperhatikan sepenuhnya walaupun telah menggunakan preg_replace yang peduli dengan case.
2. fitur untuk mengganti nilai parameter yang juga merupakan nama variabel. Contoh :
$nama = ambil('nama');
3. fitur untuk menangani variabel runtime yang dihasilkan melalui fungsi extract dari PHP.

untuk fitur 1 bisa diselesaikan dengan menggunakan perbaikan pada baris berikut ini :
if ( strlen($Key) && strpos(strtolower($contents), strtolower($Key)) !== FALSE ) // to speed up things, check if variable name is, in any way, present in the file

diganti menjadi :

if ( strlen($Key) && strpos($contents, $Key) !== FALSE ) // to speed up things, check if variable name is, in any way, present in the file

untuk fitur ke-2 sedang mencari cara terbaik selain solusi statis yang penulis gunakan untuk pengembangan aplikasi Web PHP ini ;-)

semoga bisa membantu...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar